Pil Minyak Ikan Bukan Obat Untuk Serangan Jantung

Posted: 1 April 2009 in Uncategorized
Tag:,

Beijing (ANTARA/Xinhuanet-OANA)

Pil minyak ikan tak mengurangi resiko serangan jantung! Pil itu tak membuat perbedaan bagi pasien sakit jantung, demikian hasil studi di Jerman.
Studi itu, yang disiarkan dalam konferensi di American College of Cardiology, menguji-coba dosis harian 1 gram versi yang diresepkan pemanfaatan asam lemak Omega-3 yang dijernihkan hingga tingkat tinggi.
“Lemak baik” tersebut terdapat di dalam ikan berlemak tertentu yang diperkirakan membantu pasien sakit jantung.
Beberapa peneliti yang dipimpin oleh Dr. Jochen Senges dari University of Heidelberg memberikan kapsul minyak ikan atau tiruan kepada lebih dari 3.800 orang yang menderita serangan jantung dalam dua pekan sebelumnya.
Sebanyak 90 persen dari mereka sudah menerima semua obat yang disarankan guna mencegah serangan jatung kedua, termasuk aspirin, obat anti-pembekuan darah dan kolesterol.
Satu tahun kemudian, tak terlihat perbedaan apakah pasien itu mengkonsumsi kapsul minyak ikan atau tiruan. Pada kedua kelompok tersebut, kurang dari 2 persen telah mengalami serangan jantung mendadak hingga mengakibatkan kematian, 4 persen menderita serangan jantung lagi, dan kurang dari 2 persen mengalami stroke.
Jika pasien yang baru mengalami serangan jantung sudah mendapat perawatan yang baik, “hampir tak ada yang dapat anda kerjakan secara lebih baik, di atas segalanya” guna lebih mengurangi resiko, kata Senges.
Versi yang diresepkan dan digunakan di dalam studi itu, yang dijual dengan merek dagang Omacor dan Lovaza di Amerika Serikat dan dikenal dengan nama Zodin di Eropa, adalah bentuk standard kapsul minyak ikan yang telah sangat dijernihkan, berbeda dari apa yang dibeli banyak konsumen secara bebas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s